Sabtu, 14 November 2009

Petunjuk Mengikuti Olimpiade Biologi Tingkat SMA

Topik ini saya khususkan bagi adik-adik(khususnya kelas X dan XI SMA) yang ingin mengikuti Olimpiade Biologi Tahun depan. Kebetulan saya baru beres-beres kamar dan akhirnya malah ketemu dengan arsip-arsip Olimpiade Biologi tahun kemarin. Kecewa sih kalau ingat tahun kemarin, tapi  itu salah saya sendiri karena tidak konsisten. Ada  banyak hal yang harus dipersiapkan, nah berikut saya kasih tips nya:

  1. Menghapal, mengerti dan memahami materi yang akan diujikan. Sebaiknya hal ini dilakukan jauh-jauh hari mengingat pelajaran Biologi merupakan pelajaran hapalan dengan cakupan materi yang sangat luas. Ingat materi yang diujikan tidak hanya berupa pilihan ganda tetapi juga isian singkat dan tebak gambar(misalkan berdasarkan gambar yang ada ditanyakan kingdomnya, philum, family, spesies dan lain-lain)
  2. Perhatikan kisi-kisi soal yang diberikan (biasanya sebelum pelaksanaan kalian akan lebih dahulu diberi kisi-kisi jenis soal apa saja yang akan diberikan. dan saya sangat yakin materi yang akan diujikan tidak akan jauh berbeda)
  3. Cari sebanyak mungkin bekas soal tahun-tahun sebelumnya. Biasanya dari soal tahun sebelumnya itu sering keluar lagi soal yang hampir sama persis.
  4. Semangat, mantap dan jangan menyerah. Mantapkan dulu hati kalian, jangan sampai pas tengah-tengah kalian merasa nggak yakin sama diri kalian sendiri. Ingat hal ini justru akan mempengaruhi sukses atau tidaknya usaha kalian.
  5. Sebelum mengerjakan soal, bacalah baik-baik petunjuk yang berada di depan soal. Biasanya penilaian test Olimpiade Biologi berbeda dengan test Olimpiade eksak lainnya. Kalau di Olimpiade pelajaran eksata seperti matematika, kimia, fisika tidak ada sistem minus tetapi dalam Olimpiade Biologi hal ini seringkali berlaku. Contoh: setiap jawaban yang salah dikurangi 1/5 dari nilai, soal yang tidak dijawab bernilai 0 dan setiap soal yang benar memiliki bobot nilai 1.
  6. Jangan lupa gunakan ballpoint/pulpen untuk memberi tanda X pada setiap jawaban yang Anda anggap benar.
  7. Waktu test yang diberikan sekitar 120 menit = 2 jam, jadi gunakan waktu yang Anda miliki sebaik mungkin.
  8. Berdoa. Hal ini sangat penting mengingat segala usaha yang kita lakukan juga harus dengan ridho-Nya. Good luck! semoga kalian berhasil ya.....

0 komentar: