Sabtu, 31 Oktober 2009

Companion, Chemical bondling, 2nd ed.




Judul Buku      : Ikatan Kimia (Edisi Kedua)
Penulis             : Audrey L. Companion
Penerbit           : ITB Bandung
Tahun Terbit    : 1991
Tebal Buku      : 146 halaman

Pada awal abad dua puluh, terjadi frustasi dan pemberontakan diam-diam, terutama pada bidang ilmu yang berkaitan dengan sifat bahan dan energi. Banyak gagasan baru yang lahir, tetapi banyak pula yang segera dikubur. Dalam masa tak tentu itulah muncul teori modern tentang struktur atom, molekul dan padatan yaitu sebuah teori yang tak tertandingi sampai sekarang. Pembahasan yang luas dalam dasar teori tersebut memerlukan pemahaman kalkulus, yakni ilmu yang kebanyakan kurang kita kuasai. Meskipun demikian, tanpa didasari matematikapun kita dapat dengan mudah memahaminya karena fisika kaya dengan gambar.  Begitupula dengan buku ini yang cenderung bertumpu pada aturan maupun gambar, namun seringkali dihadapkan dengan konsep yang nampaknya tak dapat dicerna dan menyimpang dari aturan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
Dua bab pertama meliputi latar belakang percobaan dan sejarah teori kuantum cenderung dipersingkat. Sebagian besar dari bab 3 tentang atom dan bab 4 mengenai molekul telah ditulis ulang dan cukup banyak diagram yang diperbaharui. Namun dalam bab 4 masih tetap mempertahankan pendekatan campuran ikatan valensi-orbital(IV-OM) dari seri Ikatan Kimia edisi pertama. Bab 5 telah diperluas, terutama dalam subbab mengenai logam dan semikonduktor. Sementara itu, subbab baru mengenai silikat dan kaca yang ditambahkan untuk menunjukkan penerapan teori dalam ilmu bahan.
Konsep yang lebih lanjut tentang kimia logam transisi, seperti efek John-Teller sudah disingkirkan dari bab 6 dalam edisi ini. Nampaknya buku ini memang ditunjukkan untuk mahasiswa tingkat lanjut, karena baik dalam segi gaya bahasa maupun penyajiannya kurang begitu mudah dipahami bagi orang awam yang berniat mempelajari dasar-dasar ilmu kimia.

0 komentar: